Kamis, 11 Juli 2013

SIFAT - SIFAT ALLAH

1.      Wujud
Wujud artinya ada. Umat muslim yang beriman menyakini bahwa Allah swt itu ada. Untuk itulah kita tidak boleh meragukan atau mempertanyakan keberadaannya. Keimanaan seseorang akan membuatnya dapat berfikir dengan akal sehat bahwa alam semesta beserta isinya ada karena allah yang menciptakannya.

2.      Qidam
Qidam berarti dahulu atau awal. Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah swt sebagai pencipta lebih dulu daripada semesta alam dan isinya yang ia ciptakan.

3.      Baqa’
Sifat Allah Baqa’ yaitu kekal. Manusia,hewan,tumbuhan,dan makhluk lainya selain allah akan mati dan hancur kita akan kembali kepada-Nya dan itu pasti. Hanya allah lah yang kekal.

4.      Mukhalafatu lil hawadits
Sifat Allah ini artinya adalah berada dengan ciptaan-Nya. Itulah keistemewaan dan keagungan Allah swt.

5.      Qiyamuhu binafsihi
Qiyamuhu biniafsihi  artinya Allah berdiri sendiri. Allah menciptakan alam semesta, membuat takdir,menghadirkan surga dan neraka,dan lain sebagainya. Tanpa bantuan makhluk apapun.berbeda dengan manusia yang sangat lemah,dan pastinya membutuhkan satu sama lain. Telah disebutkan dalam al-quran yang artinya :
Allah tidak ada ilah(yang berhak disembah)melainkan Dia,yang maha kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.’’(QS.Ali-Imran ayat : 2)

6.      Wahdaniyyah
Sifat Allah wahdaniyyah yaitu esa atau tunggal. Hal ini sesuai dengan kalimat  syahadat, asyhadu alaa ilaa ha illallah washadu anna muhamadarsullwla, tiada tuhan selain Allah.

7.      Qudrat
Qurat adalah berkuasa. Sifat Allah ini berarti Allah berkuasa atas segala yang ada atau yang telah diciptakan. Kekuasaan Allah sangat berbeda dengan kekuasaan manusia di dunia.Allah memiliki kuasa terhadap hidup dan mati segala makhluk.
Kekuasaan Allah itu sungguh besar dan tidak terbatas, sedangkan kekuasaan manusia di dunia dapat hilang  atas kuasa Allah.dalam al-quran disebutkan, yang artinya:
 “seungguhnya ALLAH berkuasa atas segala sesuatu.” (QS.Al-Baqarah:20)

8.      Iradat
Iradat berarti berkehendak. Sifat Allah ini menandakan bahwa Allah swt memiliki kehendak atas semua ciptaanNya. Bila Allah telah berkehendak terhadap takdir atau nasib seseorang,maka ia takkan dapat  mengelak atau menolaknya.  Kehendak Allah ini juga kemauan Allah tanpa ada campur  dari tangan manusia  atau makhluk lainya. dalam al-quran telah disebutkan,yang artinya: “seungguhnya Tuhanmu maha pelaksana  terhadap apa yang Dia kehendaki.”(QS.Hud:107)
9.      Ilmu
     Ilmu artinya mengetahui.ALLAH Maha mengetahui segala sesuatu,meskipun pada hal yang tidak terlihat. Tiada yang luput dari penglihatan Allah.

10.  Hayat
Sifat ALLAH hayat atau hidup,namun hidupnya Allah tidak seperti manusia,karena Allah yang menghidupkan manusia. Manusia bisa mati,Allah tidak mati, Allah akan hidup terus selama-lamanya.

11.  Sam’un
Sifat Allah sam’un atau mendengar. Allah selalu mendengar semua hal yang diucapkan manusia,meskipun ia berbicara dengan halusnya atau tidak terdengar  sama sekali. Pendengaran Allah tidak terbatas dan tidak akan pernah sirna. Dalam al-quran disebutkan yag artinya:” dan Allah-lah yang maha mendengar lagi maha mengetahui.”(QS.Al-Maidah: ayat 76)

12.  Basar
Basar artinya melihat. Allah mampu melihat ,baik yang besar maupun yang kecil, yang nyata maupun kasat mata. Sifat allah ini menandakan bahwa Allah maha sempurna.

13.  Kalam
Kalam artinya berfirman. Sifat Allah ini dapat kita lihat dengan adanya al-quran sebagai petunjuk yang benar bagi manusia didunia.

14.  Qadirun
Sifat allah ini berarti Allah adalah Dzat yang maha berkuasa. Allah tidak lemah, ia berkuasa penuh atas seluruh makhluk dan ciptaanNya. Dalam al-quran disebutkan yang artinya: ‘’sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.”(QS.Al-Baqarah: 20)

15.  Muridun
Allah mempunyai sifat muridun,yaitu sebagai dzat yang maha berkehendak. ia berkehendak atas nasib dan takdir manusia. Dalam al-quran telah disebutkan,yang artinya
sesungguhnya tuhanmu maha melaksanakan apa yang dia kehendaki.”(QS.Hud :107)

16.  ‘Alimun
Sifat Allah alimun,yaitu dzat yang maha mengetahui. Allah mengetahui segala hal yang telah terjadi maupun yang belum terjadi. Allah pun dapat mengetahui isi hati dan pikiran manusia.

17.  Hayyun
Artinya,Allah adalah dzat yang hidup tidak akan pernah mati,tidak akan pernah tidur ataupun lengah.

18.  Sami’un
Allah adalah dzat yang maha mendengar. Allah selalu mendengar pembicaraan manusia, permintaan atau doa hambanya.

19.  Basirun
Allah dzat yang maha melihat. Sifat Allahini tidak terbatas seperti halnya manusia. Allah  selalu melihat gerak-gerik kita. Oleh karena itu hendaknya kita selalu berbuat baik. Dalam al-quran disebutkan yang artinya: ‘’dan Allah maha melihat  apa yang kamu kerjakan”.(QS.Al-Hujarat :18)

20.  Mutakalimun
Sifat Allah ini berarti yang berbicara. Allah tidak bisu, ia berbicara atau berfirman melalui ayat-ayat al-quran. Bila al-quran menjadi pedoman hidup kita,maka kita telah patuh dan tunduk kepada Allah swt.

ah disebutkan, yang artinya: “dan Allah maha mengetahui sesuatu”.(QS.An-Nisa: 176)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar